Piston kawasaki boss yg original tersedia dr ukuran std 65mm hingga 68mm (os 300)...Kenapa pistonkawasaki Boss...? pertimbangnaya adalah: ukuran penpiston samadg FU yaitu 16mm,jadi ga perlu repot modif pen piston. 2. Kwalitas dah terjamin baik, reyen sehari sdh bisa langsung gaspoll (asal korternya bener& sesuai gapnya)
1. Tinggi dome/ puncak piston FU standar adalah 15,02mm
2. Tinggi dome piston kawasaki Boss adalah 13,50mm
Dari hasil pengukuran tsb, piston kawasaki Boss lbih pendek dari piston FU. Ada selisih jarak 1,5mm.
Jadi ketika kita mengganti piston FU dg piston kawasaki Boss, maka posisi piston lebih mendem 1,5mm dari piston FU.
Jadi untuk mengembalikan posisi semula, maka kita perlu memapas blok seher sebanyak 1,5mm. beres kan...?
tentu saja tidak, karena pemapasan 1,5mm akan mengakibatkan rantai keteng jadi makin kendor...ini bukan solusi yg terbaik (ini menurut saya loh, sesama nyubie dilarang protes hehehe...)
Jika kita ingin mempertahan deck clearance piston seperti semula, itu hal yg sangat mudah...gimana caranya...?
ya tinggal colokin pen stroke 1,5mm aja beres...gitu aja kok repot hehehe...
Tapi apakah penambahan pen stroke yg "cuma" 1,5mm ini ckup...?
Bagi speed lover, penambahan stroke 1,5mm ini sangat tanggung, tidak sesuai dg adrenalin yg terkadang mendidih ketika di salip ama motor lain yg kliatan standar tapi kuencenge poll...
Tenang sodara2...banyak jalan menuju tegal, bisa lewat jalur pantura yg bnyk trek lurus buat gaspoll, bs lewat jalur selatan yg bnyk naek turun, atau lewat jalur tengah yg adem krn bnyk pohon... silahkan anda pilih sendiri...
Kalo saya lbih suka lewat jalur pantura yg bs gaspoll dg bebas, semua kendaraan ada disitu jadi rame, tapi tentunya ada resiko juga...maka perhitungkan resiko yg terjadi ketika anda sekalian akan turing...apa hubunganya yah sama tulisan ini...?... oh tentu saja ada, krn sy sudah memikirkanya tadi ketika lg nyeruput kopi bangka yg maknyusss rasanya... setiap keputusan yg kita ambil pasti ada konsekwensinya...bgitu juga ketika kita akan mengeksekusi tunggangan kita dg bore up+ struk up yg lumayan nampol tapi ttep kliatan standar dari luar... Mari kita lanjutkan...! (kata pak Sby...)Nah, dengan memapas dome piston kawasaki Boss 0,5mm saja, kita bisa mendapatkan selisih jarak 2mm lbih pendek dr piston standar FU. Jadi kita bisa pasang pen stroke 2mm di FU kita... tapi apakah itu cukup...?Hemmm...2 mm yah...kurang ah, rasanya stroke FU kita masih bisa dinaekin lagi gd paking selembaran..trus, gimana caranya lagi...?Mari seruput lagi kopinya biar ga panic...apakah pemapasan dome piston masih aman diatas 0,5mm...?Tentu saja masih aman, lah saya pernah mapas dome piston kawasaki Boss hingga 1,5mm aman2 aja kok di pake turing dari Pulau Bangka- ke Bumiayu kampung tercinya saya...Oke lanjuuut, kita papas lagi dome piston 1 mm lagi. Jadi total pemapasan 1,5 mm. Dengan demikian, jarak piston kawasaki Boss dg piston standar FU jadi 3mm. Hasil pemapasan 1,5 mm dari 13,5 mm, skrg piston tinggi dome piston kawasaki Boss jadi 12 mm, lbih pendek 3mm dar piston FU yang 15mm.apakah skrg kita bisa nyolokin pen stroke 3mm...? Oh, nanti dlu... kita itung dlu deck clearance piston nya. Deck clearance piston standar FU trhadap bibir blok adalah 0,7mm. nah setelah piston kawasaki Boss itu dipapas jadi 12mm, maka jarak Deck clearance juga menjadi 0,7mm. Ingat, jarak 0,7mm itu ketika pake piston standar loh dg kompresi 10,2:1. Setelah kita pake piston kawasaki Boss ukuran 68mm, maka jarak deck clearance 0,7mm tentunya akan membuat perbandingan kompresi akan semakin melambung tinggi, susu tak terbeli... artinya si FU skrg mintanya pertamax plus. kalo sanggup sih gapa2, tapi menurut sy kompresi terlalu tinggi itu tidak bagus buat mesin harian...Oleh karena itu, kita seting dcek clearance nya 1,2mm aja biar masih bisa minum campuran pertamax+ premium...Oleh karena itu, kita perlu tambahan paking blok dr almunium setebal 0,5mm aja.Nah setelah hitungannya matang (kayak nungguin masak telor aja yah hehehe)... barulah kita colokin pen stroke 3mm, lalu pasang paking blok almu tsb.... selanjutnya ya serahkan sama mekanik anda untuk untuk menyelesaikanya, kita tinggal liat sambil nyeruput kopi lagi. soale kopi yg tadi kan masih sisa setengah gelas lagi hehehe...Oya, sblum dipasang jangan lupabikin coakan klep 4 biji yah biar klepga mentok piston...Demikian catatan ini saya buat dg sengawur2nya, mudah2an ga banyak yg perotes. Kalo ada yg protes, silahkan hitung sendiri yah hehehe... piss, dont angry with me... sy cuma ingin berbagi aja, smoga ada manfaatnya, amiin...Salam gaspoll,Satria Den Bagus.
Om mau tanya,klo cuma ganti sehernya sma bloknya aja,tanpa ngerubah yg lainnya apa bisa?
BalasHapusMakasih
Brapa harga piston boss nya om?
BalasHapusBrapa harga piston boss nya om?
BalasHapusjoss.. pake stang tiger aja..
BalasHapusjoss.. pake stang tiger aja..
BalasHapusom kalo mau bikin seperti itu habisin berapa duit tuh
BalasHapusAyo Segera Gabung Bersama BANDARDUNIA
BalasHapusMaster Agen Betting Online Terpercaya Di indonesia DENGAN TRANSAKSI TERNYAMAN dan
TERAMAN
Min deposit & withdraw Rp 50.000,- Di support Bank Lokal BCA, Mandiri, BNI, dan BRI. Info lbh
lanjut,silahkan hubungi CS 24/7 kami melalui :
Link Register :
http://goo.gl/4eIAzE
Livechat : https://goo.gl/eT5T3i
BB : 266c728d
BB2:2bbb91c0
Whatsapp : +6281376501828
itu pennya kalo gak di las apa gak muntir om..
BalasHapusitu pennya kalo gak di las apa gak muntir om..
BalasHapusBang klo lebar dome satria fu standar brp ya
BalasHapus